Waspada, Kutil Kelamin Pada Wanita Lebih Berbahaya!

Waspada, Kutil Kelamin Pada Wanita Lebih Berbahaya!

Jangan pernah menyepelekan kutil kelamin pada wanita. Penyakit ini bisa mengancam kualitas hidup Anda. Bahkan, penanganannya membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Penyakit ini muncul akibat kontak dari kulit penderita ke kulit orang lain. Kontak ini tidak langsung memberikan pengaruh. Tetapi bisa muncul setelah beberapa bulan kedepan sehingga kemunculannya terkadang tidak disadari.

Letak Kutil Kelamin Pada Wanita

Kutil kelamin ini sangat rentan pada tubuh kaum wanita. Daya tahan tubuh yang melemah serta perilaku tidak sehat membuatnya sering terserang. Ditambah lagi dengan kebiasaan buruk seperti perilaku seksual yang tidak baik.

Letak Kutil Kelamin Pada Wanita

Pada wanita, kutil ini bisa muncul pada beberapa area. Ada yang muncul pada bibir kemaluan. Ada juga yang muncul dalam kemaluan dan anus.

Bahkan ada juga yang muncul pada area mulut maupun tenggorokan. Kemunculan ini sebenarnya paling minim. Terkecuali wanita yang sering atau pernah melakukan oral. Karena perilaku inilah yang membawa virus masuk ke area tersebut.

Risiko Yang Mengancam Penderitanya

Risiko dari kutil kelamin pada wanita ini terbilang berbahaya. Betapa tidak, virus tersebut sebenarnya menjadi dalang utama dari kanker serviks.

Risiko Yang Mengancam Penderitanya

Ketika virus ini menunjukkan kutil, ini berarti bahwa virus tersebut mulai menyebar. Ketika letaknya berada dalam area kewanitaan, ini bisa menyebar dan mengakibatkan pada kanker serviks.

Ini bisa masuk lagi ke dinding rahim. Ketika kaum wanita sedang hamil, kondisi ini bisa mengancam kesehatan janin. Masalah ini tentunya akan membawa Anda menjalani berbagai pengobatan yang rutin.

Pengobatan bisa memakan waktu yang lama. Jika ini dilakukan di rumah sakit, biayanya jelas lebih besar. Untuk itulah, biasakan hal yang baik untuk menghindari masalah tersebut.

Cara Mengetahui Kutil Kelamin Pada Kaum Wanita

Kutil yang dialami kaum wanita terkadang paling sulit di deteksi. Alasannya terletak pada keberadaan kutil itu sendiri. Contohnya ialah bila berada dalam area kemaluan.

Cara Mengetahui Kutil Kelamin Pada Kaum Wanita

Sebagai bagian dari prosedur pemeriksaan, Anda perlu mengenali tandanya sejak awal. Tanda awalnya ialah munculnya sensasi terbakar.

Selain itu, terjadi pendarahan pada saat berhubungan. Atau, ada rasa sakit yang berhubungan. Kondisi ini memang belum jelas sehingga butuh pemeriksaan lebih lanjut.

Pemeriksaan lanjutan ini harus ditangani oleh dokter. Anda perlu datang untuk memastikan adanya permasalahan tersebut. Dokter akan mulai melakukan serangkaian pemeriksaan. Salah satunya ialah melalui teknik Pap Smear.

Pemeriksaan ini dilakukan dengan memanfaatkan kapas. Kapas digunakan untuk memperoleh sel serviks. Sel inilah yang nantinya akan diuji dengan menggunakan alat.

Pengujian dimaksudkan untuk mengetahui apakah sel tersebut terdapat HPV atau tidak. HPV adalah virus yang memicu kemunculan kutil dan kanker serviks.

Terkadang, Pap Smear juga sudah memberikan gambaran jelas tentang adanya HPV. Ini ditunjukkan dengan adanya kelainan pada metode tersebut. Tetapi, dokter biasanya belum memberikan keputusan.

Dokter butuh beberapa waktu untuk memastikan masalah tersebut. Orang yang diperiksa diminta untuk terus melakukan pemeriksaan. Tentunya agar pemantauan pada perubahan yang mungkin terjadi dari kondisi sebelumnya.

Ketika terlihat ada kejanggalan, dokter akan memberikan gambaran jelas. Bilamana seorang wanita di diagnosis mengalaminya, sudah semestinya untuk segera menjalani pengobatan kutil kelamin.

Menjalani pengobatan secepatnya akan meminimalkan risiko yang lebih parah. Komplikasi yang berujung pada kanker serviks bisa dihindari. Dan menjalani pengobatan ini jauh lebih baik ketimbang membiarkannya.

Intinya, jalani kehidupan yang normal dengan menjaga mahkota dengan baik. Maka, Anda akan terbebas dari risiko kutil kelamin pada wanita yang mengerikan.