Terjebak Utang, Hindari Praktek Gadai Mobil Di Bank Seperti Ini

Hindari Praktek Gadai Mobil Di Bank Seperti ini

Gadai mobil di bank merupakan layanan paling menjanjikan untuk memperoleh dana segar dengan cepat. Sistem ini memberikan keleluasaan bagi Anda untuk melakukan peminjaman. Namun begitu, Anda sebaiknya mencermati tawarannya agar tidak mengalami masalah pelunasan kedepannya.

Masih banyak kasus dimana peminjam terjerat utang begitu besar. Peminjamannya tidak efektif sama sekali. Dana yang didapatkan malah memunculkan masalah baru di dalam keuangan keluarga.

Kesalahan Fatal Saat Menggunakan Gadai Mobil Di Bank

Kasus macetnya pelunasan atau pembengkakan biaya angsuran bisa saja muncul. Hal ini disebabkan oleh kurang telitinya debitur dalam memutuskan permohonan pinjaman. Parahnya, masih banyak debitur yang melakukannya.

Bukannya gadai mobil menguntungkan, tapi malah buntung. Walhasil, debitur kepayahan saat melakukan pengangsuran. Apalagi sampai pelunasan sesuai tenornya.

Kesalahan Fatal Saat Menggunakan Gadai Mobil

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan debitur ialah tergiur dengan tawaran perbankan. Tawaran nampak sangat menjanjikan. Namun kurang cermatnya debitur, ini menimbulkan masalah dalam keuangan keluarganya.

Contoh kasusnya ialah bila debitur hanya butuh dana sekitar 60 juta rupiah. Tetapi saat survey dilakukan, taksiran kendaraan cukup tinggi. Petugas biasanya akan memberikan gambaran tentang besaran pinjaman yang bisa didapatkan semisal sampai 120 juta rupiah.

Menyadari adanya kesempatan ini, kadang peminjam merasa diuntungkan. Ada kesempatan untuk meminjam lebih dari dana yang dibutuhkan selama ini. Alhasil, peminjam mengambil pinjaman di atas 60 juta rupiah.

Lalu apa yang salah dari keputusan ini? Kesalahan utamanya ialah Anda mengambil pinjaman yang dana tidak sesuai kebutuhan mendesak. Anda dinilai hanya menyia-nyiakan dana yang berasal dari sisa uang yang dicairkan itu sendiri.

Secara tidak langsung, besarnya pinjaman jelas membuat biaya angsuran dan pelunasan jauh lebih besar. Anda tentunya akan terus berhadapan dengan biaya angsuran lebih besar setiap bulannya.

Hal Yang Perlu Anda Lakukan

Meskipun kenyataannya Anda bisa dengan mudah memperoleh cairan dana dari metode tersebut atau metode gadai mobil tanpa BPKB, Anda sepatutnya tidak mengambil resiko terlalu besar. Yakni mengambil pinjaman di luar kebutuhan Anda.

Hal Yang Perlu Anda Lakukan

Akan lebih baik jika Anda hanya memanfaatkan pinjaman sesuai kebutuhan mendesak saja. Sementara kebutuhan-kebutuhan lain, Anda biayai sendiri dari saku kantong. Meskipun kenyataannya biaya yang diperlukan cukup besar.

Alasannya jelas, Anda tidak sedang terdesak dengan kebutuhan yang lain. Uang saku/pendapatan bulanan Anda bisa dimaksimalkan sepenuhnya. Tentunya bisa dikeluarkan secara bertahap untuk membiayai kebutuhan lainnya.

Intinya, jangan memaksakan diri untuk mengambil pinjaman melebihi biaya yang Anda butuhkan. Tetapi bila memang membutuhkan, tidak masalah jika mengambilnya melalui gadai mobil di bank tersebut.

Selain menahan diri pada kebutuhan utama, Anda juga perlu mempertimbangkan besaran angsuran sesuai tenor. Usahakan untuk mengetahui informasinya secara jelas. Ketika Anda tidak memahaminya, tanyakan langsung pada petugasnya.

Anda bisa menanyakan tentang biaya keseluruhan untuk angsuran. Berikut dengan biaya administrasi. Intinya, seluruh biaya yang berkaitan dengan gadai wajib Anda pahami agar tidak mengalami kesalahpahaman.

Ketika dinilai mampu untuk melakukan pengangsuran tanpa terbebani kebutuhan bulanan, Anda baru lakukan pengajuan pinjaman. Pengajuan ini bisa dengan datang langsung ke kantornya. Atau, Anda bisa mengajukan melalui website resminya dengan menyertakan dokumen yang disyaratkan.

Salah satu opsi yang bisa digunakan untuk mencairkan dana dengan mudah ialah mengajukannya di situs https://prioritasdana.co.id/gadai-bpkb-mobil/. Situs ini tak kalah memberikan pencairan dana yang dibutuhkan. Bunganya ringan, memungkinkan Anda memperoleh dana secepat mungkin layaknya gadai bpkb mobil di bank di sekeliling Anda.