Gadai BPKB Mobil: Menguntungkan di Bank atau Pegadaian

Gadai BPKB Mobil: Menguntungkan di Bank atau Pegadaian

Untuk mendapatkan dana segar cepat, gadai BPKB mobil Jakarta Timur bisa menjadi opsi terbaiknya. Selain itu memilih tidak bisa di pungkiri jika Bank juga merupakan pilihan yang tidak kalah baiknya.

Kedua lembaga penyedia pinjaman ini pun selama ini selalu menjadi pilihan masyarakat. Apalagi untuk mereka yang membutuhkan dana cepat. Keduanya pun dikenal selalu memberikan kemudahan kepada para nasabahnya.

Meskipun demikian, pasti ada kelebihan dan kekurangan diantara keda lembaga keuangan ini. Baik itu Bank maupun tempat gadai mobil. Pertanyaan yang cukup menarik adalah mana yang lebih menguntungkan untuk calon nasabah? Utamanya jika dilihat dari berbagai sudut pandang.

Waktu Proses Pegadaian VS Bank

Jika dilihat dari waktu proses antara pegadaian VS Bank, bisa dikatakan jika pegadaian lebih cepat. Pegadaian umumnya hanya butuh waktu 1 sampai dengan 2 hari kerja saja. Itu pun sudah termasuk proses pengumpulan data, survey, cek fisik mobil, hingga pencairan pinjaman.

Sementara itu Bank umumnya membutuhkan waktu yang lebih panjang. Waktu yang dibutuhkan bahkan bisa sampai 4 hari kerja. Hal ini dikarenakan setiap Bank mengharuskan melakukan BI Checking untuk para calon nasabahnya. Atau istilah lain sering disebut dengan cek riwayat perbankan.

Dari sinilah biasanya pihak Bank akan memutuskan untuk melanjutkan proses ataukah justru diberhentikan. Artinya jika riwayat perbankan calon nasabah yang mengajukan pinjaman bagus, maka prosesnya pun akan tetap dilanjutkan. Sebaliknya jika ternyata calon nasabah memiliki riwayat perbankan yang kurang bagus, umumnya akan pengajuan pinjaman akan ditolak.

Keamanan Pegadaian VS Bank

Keamanan Pegadaian VS Bank

Ini adalah salah satu pertimbangan utama ketika ingin mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan. Nah, dalam hal ini baik pegadaian maupun bank masing-masing sudah memiliki standard keamanan yang sama-sama unggul.

Artinya baik pegadaian maupun bank adalah tempat terbaik bagi Anda untuk mengajukan pinjaman. Apalagi keduanya dikatakan sama-sama memiliki standar keamanan yang sangat baik. Nah, beberapa standar keamanan yang dimaksud di sini meliputi:

  1. Data Pemohon Terjamin Kerahasiaannya

Salah datu pertimbangan pada saat memilih tempat gadai BPKB mobil adalah mampu menjaga kerahasiaan data pribadi dari para nasabahnya. Nah, dalam hal ini baik pegadaian maupun bank terbukti selalu menyimpan data pribadi pada nasabahnya. Artinya data nasabah tidak akan pernah tersebar ke pihak lain.

  1. BPKB Mobil Terjamin Keamanannya

Terjamin keamanannya dalam artian BPKB mobil benar-benar disimpan oleh pihak pegadaian maupun bank. Artinya BPKB mobil tidak akan berpindah tangan ke pihak ketiga.

  1. Unit Mobil Terjamin Keamanannya

Cara pegadaian dan bank untuk menjaga keamanan mobil yang dijadikan jaminan adalah dengan mengansurasikannya. Langkah ini diambil dalam upaya untuk mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada mobil. Misalnya seperti hilang maupun rusak.

Suku Bunga/Rate Pegadaian VS Bank

Untuk urusan yang satu ini, umumnya baik pegadaian maupun bank memiliki kebijakan masing-masing. Untuk besarannya sendiri umumnya berkisar antara 0,9 sampai dengan 2%. Selain itu, baik pegadaian maupun bank keduanya sama-sama memberlakukan biaya-biaya yang harus dibayar oleh nasabahnya ketika pengajuan pinjaman disetujui.

  1. Pegadaian

Untuk pegadaian umumnya rincian biaya yang harus dibayar oleh pemohon meliputi biaya administrasi dan asuransi. Umumnya biaya akan dipotong dari pinjaman yang akan dicairkan. Tetapi akan digabung ke dalam angsuran per bulannya.

Dengan demikian, uang yang akan diterima oleh pemohon utuh. Itulah kenapa angsuran di pegadaian terlihat nominalnya lebih besar. Padahal pada dasarnya sama saja dengan di bank.

  1. Bank

Untuk bank umumnya rincian biaya yang harus dibayar oleh pemohon meliputi biaya administrasi, provisi, asuransi jiwa, asuransi mobil, hingga blokir BPKB mobil. Umumnya semua biaya tadi akan langsung dipotong dari pinjaman yang akan dicairkan.  Itulah kenapa, jumlah yang diterima menjadi tidak utuh lagi.

Itulah beberapa perbandingan antara gadai BPKB mobil di pegadaian vs bank. Keduanya memang memiliki keunggulan masing-masing. Namun tampaknya memilih gadai BPKB mobil Jakarta Timur terkesan lebih menguntungkan.