Cara Cek Speed Website Dengan Tool Gratisan

Cara Cek Speed Website

Cara cek speed website mulai banyak diterapkan oleh pemilik situs. Pemiliknya menyadari bahwa faktor rangking sebuah situs salah satunya ditentukan oleh performa ketika di akses oleh user. Semakin cepat dibuka, situs akan memiliki predikat baik yang mana dijadikan sebagai elemen untuk meningkatkan posisi di halaman Google.

Tool yang bisa digunakan untuk memeriksa kecepatan situs cukup banyak. Yang paling populer adalah Google PageSpeed Insight.

Kenapa Menggunakan PageSpeed Insight?

Google menyadari bahwa pengguna internet semakin luas. Hampir setiap masyarakat di penjuru dunia mulai memanfaatkan internet untuk berbagai keperluan. Entah itu mencari informasi, transaksi dan lain sebagainya.

Kenapa Menggunakan PageSpeed

Banyaknya user secara tidak langsung dimanfaatkan oleh orang untuk menyediakan wadah berisikan informasi yang dibutuhkan. Yakni membuat sebuah website yang fokus pada informasi semisal pendidikan, jualan dan lain sebagainya.

Hal ini jelas menimbulkan kompetisi di antara pemilik website. Salah satunya ialah kompetisi untuk memperjuangkan situs-nya masuk ke halaman utama. Dan Google membuat keputusan bahwa situs yang memiliki performa baik akan diutamakan di halaman utama.

Google tidak lantas membuat pemilik situs dibiarkan begitu saja. Google memberikan fasilitas khusus untuk mengetahui kecepatan situs. Yakni dengan menghadirkan tools bernama Google PageSpeed Insight.

Tool ini akan memeriksa seberapa bagusnya kecepatan situs ketika di akses oleh user. Tool ini sangat kredibel. Karena tool ini memang merupakan produk Google yang mana menjadi alat untuk digunakan oleh mitra yang ingin rangking di halaman Google.

Tool ini juga akan memberikan saran bagi pemilik situs. Misalnya apa yang harus diperbaiki agar performa semakin meningkat. Dan sebenarnya peningkatan performa ini salah satunya berasal dari desain website ataupun komponen yang ada di dalamnya. Makanya, penting bagi Anda untuk membuatnya lebih baik seperti memanfaatkan jasa pembuatan website.

Bagaimana Cara Cek Speed Website Di PageSpeed Insight?

Cara cek speed website di tool ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu membuka tool tersebut. Yakni dengan mengakses url PageSpeed pada browser.

Bagaimana Cara Cek Speed Website

Setelah itu, masukkan url website Anda dan tekan untuk melakukan pemeriksaan. Dalam hitungan detik, tool ini akan memberikan penilaian terkait kecepatan situs Anda.

Situs dikatakan memiliki performa kurang bagus jika skor-nya di kisaran 0-49. Sementara dikatakan sedang jika skor-nya di kisaran 50-89. Dan memiliki performa bagus bila skor situs di kisaran 90-100.

Pada proses pemeriksaan, Anda nantinya akan menemukan beberapa saran yang ada di bawah skor penilaian. Fokuskan pada saran yang diberikan Google untuk meningkatkan skor tersebut.

Perbaiki satu persatu. Dan pertimbangkan elemen apa yang dinilai penting dalam sebuah website. Karena kenyataannya, ada elemen tertentu yang bisa memperlambat situs namun dibutuhkan. Misalnya script Google adsense.

Jika elemen tersebut sangat penting, Anda bisa membiarkannya. Risikonya adalah situs akan lambat. Tetapi, itu bisa menjadi sumber penghasilan.

Alihkan saja pada elemen lain yang memberatkan. Misalnya compress gambar, pengurangan plugin yang tidak perlu sampai tampilan halaman situs. Usahakan agar website yang dibuat sudah SEO dan ringan. Ini sebenarnya pekerjaan dari jasa pembuatan website terpercaya.

Ketika Anda mempercayakan pembuatan situs pada ahlinya, situs akan dibuat dengan mengikuti saran Google. Tampilannya lebih bagus di versi Desktop maupun Mobile, serta lebih ringan dan teroptimasi sehingga skornya cukup baik.

Nah, jika Anda memiliki situs yang teroptimasi, situs bisa rangking di halaman depan. Jika Anda memutuskan untuk jualan, calon pembeli akan berdatangan dan omzet Anda akan naik. Jadi, fokuslah untuk membuat situs yang baik dan perbaiki kekurangannya dengan melihat indikator yang Anda peroleh dari penerapan cara cek speed website di atas.